Mengembangkan Kekuatan Kemauan dan Disiplin Diri

be yourself
Kebanyakan orang mengagumi dan menghargai pribadi-pribadi yang kuat yang telah memenangkan kesuksesan besar dengan menampakkan kekuatan kemauan dan disiplin diri. Semua orang yang melakukan perjalanan hidup, dengan kekuatan kehendak yang sepenuhnya, disiplin diri dan ambisi telah memperbaiki hidup mereka, belajar keahlian-keahlian yang baru, mengurangi berat badan mereka, menaikkan tinggi-tinggi bidang yang mereka pilih atau semakin maju dalam langkah spiritual mereka.
Kebenarannya adalah bahwa setiap orang dapat mencapai level-level yang tinggi dari kekuatan kemauan dan disiplin diri melalui suatu metode training yang praktis. Kekuatan batin seperti ini tidak disisihkan hanya bagi beberapa orang istimewa.
Kekuatan kemauan dan disiplin diri adalah dua hal yang paling penting dan menjadi kekuatan batin yang berguna bagi kehidupan setiap manusia, dan selalu disebut sebagai alat esensial untuk kesuksesan di seluruh area kehidupan. Mereka dapat dipelajari dan dikembangkan sebagaimana keahlian lainnya, namun kenyataannya hanya beberapa gelintir orang saja yang mengambil langkah-langka untuk berkembang dan menguatkan mereka dalam jalan sistematis.
Apakah Itu Kekuatan Kemauan?
Hal ini adalah kekuatan batiniah untuk membuat keputusan, mengambil tindakan, dan menangani dan melaksanakan tujuan atau tugas apapun hingga selesai dikerjakan, tidak perduli ada aturan baik di dalam maupun di luar, ketidak-nyamanan atau dan kesulitan-kesulitan.
Hal ini membuahkan satu kemampuan untuk mengatasi kemalasan, godaan dan kebiasaan-kebiasaan negatif, dan melaksanakan satu tindakan, meskipun membutuhkan jerih payah, tidak menyenangkan dan melelahkan dan berlawanan dengan kebiasaan sendiri

Apakah Disiplin Diri?

Hal ini adalah penolakan akan pemuasan secara instant untuk mengingini sesuatu yang lebih baik. Hal ini adalah menghentikan kesenangan instant dan pemuasan untuk suatu tujuan yang lebih tinggi dan lebih baik.
Hal ini memanifestasikan kemampuan untuk bertahan pada tindakan, pemikiran dan tindak tanduk, yang memimpin kepada perbaikan dan kesuksesan. Disiplin diri adalah kontrol diri, dan termanifestasi dalam disiplin spiritual, mental, emosional dan fisik. Tujuan dari disiplin diri sebenarnya bukanlah hidup dengan gaya hidup membatasi atau penuh aturan. Hal ini bukanlah menjadi berpikiran sempit atau hidup seperti seorang pendeta ynng asetik. Ini adalah salah satu pilar kesuksesan dan kuasa. Hal ini melimpahkan kekuatan batiniah untuk memfokuskan seluruh energi pada satu tujuan dan bertahan hingga terlaksana.

Kedua kemampuan ini dibutuhkan untuk tindakan-tindakan dan keputusan sehari-hari, dan juga membuat keputusan utama dan meraih kesuksesan utama. Keduanya dibutuhkan untuk memulai dan meneruskan belajar, membangun suatu bisnis, menurunkan berat badan, bodybuilding dan latihan fisik, memelihara hubungan baik, mengubah kebiasaan, pengembangan diri, meditasi, pertumbuhan spiritual, mempertahankan dan melaksanakan janji-janji kita dan untuk hampir setiap hal lainnya.
Salah satu metode yang paling sederhana dan efektif adalah mengembangkan kekuatan kemauan dan disiplin diri dengan cara menolak memuaskan keinginan-keinginan yang tidak penting dan tidak perlu. Setiap orang terus-menerus diperhadapkan dan dicobai dengan mata air keinginan dan godaan yang tidak pernah berhenti, banyak di antaranya tidaklah terlalu penting ataupun begitu diinginkan. Dengan belajar menolak memuaskan semua itu Anda akan bertumbuh menjadi lebih kuat.

Menolak dan menyingkirkan keinginan-keinginan yang tidak berguna, membahayakan dan tidak penting, dan bersikap berlawanan dengan kebiasan-kebiasaan Anda, menajamkan dan menguatkan kekuatan batiniah Anda. Dengan terus-menerus melatih kekuatan batiniah Anda bertumbuh, sama seperti melatih otot-otot Anda di gym akan meningkatkan kekuatan fisik Anda. Dalam kedua hal ini, ketika Anda memerlukan kekuatan batiniah atau kekuatan fisik Anda, maka akan tersedia pada saat diperlukan.
Berikut beberapa contohnya:
- Jangan membaca surat kabar selama satu atau dua hari
- Minumlah air putih jika Anda harus, dan bukannya memuaskan keinginan Anda untuk meminum soft drink.
- Cobalah naik atau turun ke lantai atas atau bawah tanpa harus memakai lift.
- Turunlah dari stasiun bis sebelum atau sesudah tujuan Anda, dan berjalanlah selanjutnya.
- Selama 1 minggu pergilah tidur 1 jam lebih awal dari biasanya
- Sesekali lawan keinginan Anda untuk makan es krim
Hal-hal ini hanyalah beberapa contoh dari begitu banyak latihan yang dapat Anda lakukan dengan tujuan mengembangkan kekuatan batiniah dan disiplin diri. Latihan-latihan seperti ini akan menambahkan dalam gudang kekuatan batiniah Anda. Dengan mengikuti metode training yang sistematis Anda dapat menjangkau kontrol yang lebih jauh atas diri Anda dan hidup Anda sendiri, raihlah tujuan-tujuan Anda, majukan hidup Anda terimalah kepuasan dan pemikiran damai.

Diadaptasi dari artikel “Developing Will Power and Self Discipline” oleh Remez Sasson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar