Search Engine Indonesia

Search engine Indonesia pertama buatan detik! Atau setidaknya itulah yang pertama kali terlintas di benak saya saat pertama kali membacatentang DetikSearch. Tetapi setelah saya kunjungi dan selidiki lebih lanjut, tampaknya DetikSearch sama sekali tidak berhubungan dengan situs berita populer Indonesia ini karena:
  1. Situs tersebut memiliki IP 64.233.179.121— berada di bawah kendali Google, situs ini kemungkinan besar dibuat menggunakan Google App Engine. (Dan kelihatannya memang benar karena kemarin mendapatkan halaman error ini)
    Halaman error DetikSearch
  2. Domain untuk properti detik biasanya terdaftar dengan alamat email wiwi@agrakom.com, berbeda dengan DetikSearch
  3. MX Record untuk amanda@detiksearch.com, alamat email yang tertera situ DetikSearch menunjuk kepada Gmail, tidak seperti alamat-alamat email detik yang biasanya menunjuk ke server milik Agrakom.
  4. Apabila ini benar merupakan search engine pertama Indonesia, pastilah berita ini akan diumumkan melalui situs utama milik detik yang memiliki jumlah pengunjung banyak. Tetapi pencarian tentang DetikSearch di Google untuk situs detik.commaupun detikinet.comtidak membuahkan hasil apapun.
  5. Tampilannya/gaya desain/branding modern yang sama sekali berbeda dengan properti milik detik lainnya.
Akan tetapi selain itu, hasil pencarian yang diberikan sebenarnya cukup lumayan. Sebagai contoh, pencarian untuk “Apple” memberikan hasil yang hampir sama dengan Google, memberikan situs utama Apple sebagai hasil pertama dan halaman-halaman situs lain yang berhubungan dengan perusahaan teknologi Apple, plus sebuah halaman Wikipedia tentang buah apel.
Selain itu, saya juga cenderung menduga bahwa DetikSearch sebenarnya bukan sebuah proyek search engine skala penuh yang lengkap dengan web crawler dan memiliki indeks yang diolah sendiri karena jujur saja, investasi dan keahlian yang dibutuhkan untuk membuat sebuah search engine berkualitas baik sangat sulit. Lihat saja dengan Cuil, search engine beranggotakan beberapa orang yang sangat pakar di bidangnya, tetapi tetap tidak memberikan hasil yang begitu memuaskan. Mungkinkah DetikSearch hanya menggunakan API dari mesin pencari tertentu?
Setelah melakukan beberapa pencarian lebih lanjut, pencarian dengan akta kunci “dual boot” memberikan hasil pertama dengan deskripsi Wikipedia yang kurang optimal seperti yang Anda lihat di gambar ini:
Hasil pertama DetikSearch untuk Dual boot
Bandingkan hasilnya dengan pencarian “dual boot” di Yahoo yang juga memberikan deskripsi yang kurang optimal untuk artikel-artikel Wikipedia yang dialihkan dari halaman lain.
Hasil pencarian Yahoo untuk dual boot
Dugaan saya adalah DetikSearch menggunakan API Yahoo BOSSyang berbeda dengan Google Custom Search, boleh dipakai secara gratis tanpa perlu menunjukkan logo/nama Yahoo (harap diingat bahwa semua ini adalah hipotesa belaka).
Akan tetapi, DetikSearch juga mungkin melakukan beberapa optimisasi dengan harapan memberikan hasil pencarian yang lebih baik untuk para pengguna Indonesia. Salah satu hal lain yang saya perhatikan adalah (selain hasil pencariannya yang lebih sedikit) situs-situs berbahasa Indonesia mendapatkan rangking yang lebih tinggi dibandingkan mesin pencari lainnya.
Contohnya, pencarian dengan kata kunci “open source mail server” menampilkan beberapa halaman Indonesia pada halaman pertama pencarian. Pendapat Anda? Apakah DetikSearch merupakan sebuah mesin pencari yang patut dipakai? Keunggulan lain apa lagi yang Anda lihat?
Udaramaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar