Dalam bukunya, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Prof.  Utami Munandar menuliskan indikator keberbakatan sebagai berikut:
Ciri-ciri Intelektual/Belajar
Mudah  menangkap pelajaran, ingatan baik, perbendaharaan kata luas, penalaran  tajam (berpikir logis-kritis, memahami hubungan sebab-akibat), daya  konsentrasi baik (perhatian tak mudah teralihkan), menguasai banyak  bahan tentang berbagai topik, senang dan sering membaca, ungkapan diri  lancar dan jelas, pengamat yang cermat, senang mempelajari kamus maupun  peta dan ensiklopedi.
Cepat memecahkan soal, cepat menemukan  kekeliruan atau kesalahan, cepat menemukan asas dalam suatu uraian,  mampu membaca pada usia lebih muda, daya abstraksi tinggi, selalu sibuk  menangani berbagai hal.
Ciri-ciri Kreativitas
Dorongan  ingin tahunya besar, sering mengajukan pertanyaan yang baik, memberikan  banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah, bebas dalam menyatakan  pendapat, mempunyai rasa keindahan, menonjol dalam salah satu bidang  seni, mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya serta tak  mudah terpengaruh orang lain, rasa humor tinggi, daya imajinasi kuat,  keaslian (orisinalitas) tinggi (tampak dalam ungkapan gagasan, karangan,  dan sebagainya.
Dalam pemecahan masalah menggunakan cara-cara  orisinal yang jarang diperlihatkan anak-anak lain), dapat bekerja  sendiri, senang mencoba hal-hal baru, kemampuan mengembangkan atau  memerinci suatu gagasan (kemampuan elaborasi).
Ciri-ciri Motivasi
Tekun  menghadapi tugas (dapat bekerja terus-menerus dalam waktu lama, tak  berhenti sebelum selesai), ulet menghadapi kesulitan (tak lekas putus  asa), tak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi, ingin  mendalami bahan/bidang pengetahuan yang diberikan, selalu berusaha  berprestasi sebaik mungkin (tak cepat puas dengan prestasinya),  menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah “orang dewasa” (misalnya  terhadap pembangunan, korupsi, keadilan, dan sebagainya).
Senang dan  rajin belajar serta penuh semangat dan cepat bosan dengan tugas-tugas  rutin, dapat mempertahankan pendapat-pendapatnya (jika sudah yakin akan  sesuatu, tak mudah melepaskan hal yang diyakini itu), mengejar  tujuan-tujuan jangka panjang (dapat menunda pemuasan kebutuhan sesaat  yang ingin dicapai kemudian), senang mencari dan memecahkan soal-soal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar