Parabolik Pake Antena Bekas ASTRO



Siapkan
*Parabola bekas Ast*o
*Usb Tplink 321 (yg ini tergantung selera dech)
*Sambungan pipa paralon
(yg ini juga sesuai selera.. yg penting panjangnya dr tengah piringan sampai ujung = 43cm)

Pengerjaan
Coba Rekan kaskus sambil lihat gambar ya... sy newbie,gk bisa menterjemahkan dng baik....
*masukkan Usb wifi kedalam T paralon dng posisi warna putihnya menghadap ke parabola(asumsi menggunakan Tplink 321)
*saya menggunakan T paralon ukuran 1". bila kondisi usb wifi agak longgar, bisa diganjal pakai busa/styrofoam.
*set panjang paralon dari dasar tengah parabola sampai usb wifi, 43cm.
sebetulnya ada rumus buat mengukur fokus parabola...(googling pasti dapat)
tapi setelah saya coba, hasilnya kurang bagus...
panjang 43cm saya dapat dari hasil uji coba memaju mundurkan usb wifi sampai dapat sinyal terbesar

hasil uji coba
*per2per dengan 2 parabola dng jarak 12km, posisi keduanya LOS (tanpa ada halangan)
dapat sinyal strength 50%, link quality 60%, link Speed 5.5Mbps
*saya gunakan sebagai Client untuk mengakses hotspot saya jarak 12km
dapat sinyal strength 75%, link quality 80%, link Speed 11Mbps
*sayang saya tidak ada alat untuk mengukur gain antenna ini...

*kebetulan antenna hotspot yg saya pakai polarisasinya horisontal...
*jadi antenna parabolik yg saya buat juga polarisasinya horisontal.
(seperti pada gambar)

*klo rekan menginginkan polarisasi vertikal, tinggal diputar aja parabolanya sampai
ujung T paralon posisinya berdiri(vertikal)

bila ada kalimat yg kurang jelas, rekan bisa menanyakan lagi atau bisa via PM or YM (ID zasatech)
saya akan bantu semampu saya dan dengan senang hati...

Semuanya dari hasil ujicoba pribadi... jadi bila ada perbedaan dengan hasil experiment rekan kaskus yg lain, silahkan dishare disini sekalian... agar kita bisa saling berbagi untuk kesempurnaan..

4 komentar:

  1. tolong ebooknya dunk :
    kirim ke denisetiawanputra@gmail.com

    BalasHapus
  2. kalo ada penghalang kayak gedung atau pohon bisa tembus berapa jauh jarak antenanya?

    BalasHapus
  3. keren gan,bisa minta ebooknya gan,kebetulan ada anten astro yg nganggur? please

    BalasHapus