Cara Alami Meningkatkan Daya Ingat

Banyak orang yang mengeluh mudah lupa dan cepat pikun pada usia pertengahan, terutama yang hidup di perkotaan dengan banyak kesibukan. Pada masyarakat Bali yang mempraktikkan olah raga yang sangat sederhana yang disebut Orhiba (Olah Raga Hidup Baru), sampai umur 80 an, mereka masih dikaruniai daya ingat yangActive Image kuat dan tulang yang kokoh. Olah raga merupakan salah satu cara untuk membuat otak tetap aktif. Pada Orhiba, tulang punggung menjadi lebih kuat dan kokoh, sehingga sampai usia 80 an orang yang mempraktikkannya tetap tegap. Menurut Traditional Chinese Medicine (TCM), tulang punggung berhubungan dengan otak. Kalau tulang punggung kuat, maka otakpun akan lebih kuat. Otak berhubungan denga sumsum tulang belakang. Jadi salah satu cara untuk memperkuat daya kerja otak adalah memperkokoh tulang punggung dengan jalan berolah raga secara teratur, misalnya berenang, bersepeda, jalan kaki, dll.

Salah satu penyebab kepikunan adalah berkurangnya aliran darah ke otak sehingga sel-sel otak juga menjadi aus. Olah raga membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Olah raga tertentu yang menggabungkan peregangan dan pernafasan (misalnya:Pilates, Yoga, Chikung, Taichi, Pal Dan Gum, Orhiba, pencak silat) akan menambah oksigen ke otak secara maksimal sehingga sel-sel otak melakukan regenerasi dengan lebih sempurna. Olah raga ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak sehingga daya ingat meningkat sampai 20-30% (Dr. Mao's Secrets of Longevity, Boost Your Memory).

Selain berolah raga ada beberapa cara lainnya untuk menambah daya ingat kita:

1.Latihan-latihan yang memberdayakan kinerja otak: Mengisi teka-teki silang, puzzles, membentuk blok-blok dari lego, permainan yang menstimulasi otak misalnya: mendengarkan dan mengingat-ingat nama-nama (tokoh dunia, ibu kota negara, nama-nama gunung, daftar nomer tilpon, dll), main catur, main scrabble, menconActive Imagegak, dll.

2.Jam tidur yang cukup dan teratur. Faktor tidur malam yang teratur sangat mempengaruhi kinerja otak kita. Tidur yang berkualitas akan membantu tubuh melakukan regenerasi sel-sel termasuk sel-sel otak. Orang-orang yang kurang tidur malam, keesokan harinya biasanya mudah lupa. Apabila di siang hari Anda merasa lesu, tidurlah barang 15 menit. Atau yang biasa melakukan meditasi, Anda bisa melakukannya sekitar 10-15 menit meditasi akan membantu pikiran kembali segar.

3.Mangasup makanan-makanan yang memperkaya otak, misalnya makanan yang kaya akan essential amino acids, omega oil, mineral dan vitamin yang memperkuat daya ingat, misalnya: biji-bijian, kacang-kacangan, polongActive Image-polongan, serta ikan, terutama ikan dari laut yang dalam. Bagi yang tidak menyukai ikan, bisa menambah suplemen omega 3, minyak ikan akan berguna dalam meningkatkan daya kinerja otak. Makanan lain yang akan menambah nutrisi otak adalah: Apel, rebung, bit, paprika, seledri, talas, labu kuning, squash, kacang polong putih/snow peas, kentang parsli, jamur-jamuran, gojiberries, pepaya, nenas, rasberi, oats, kacang poActive Imagelong adzuki, kacang polong hitam, biji wijen, buah chesnut, dan kacang walnut.

4.Mengasup suplemen yang berasal dari dari ganggang laut. Misalnya Chlorella, Micro-algae-blue-green algae, dan Spirullina mengandung nutrisi dan protein yang sangat tinggi serta sangat mudah dicerna. Selain itu, ketiga macam ganggang tersebut bisa menambah energi tubuh, sehingga sangat bagus bagi yang bekerja keras dan senang berolah raga. Ketiga ganggang tersebut bisa meningkatkan kinerja otak. Anda bisa membeli suplemen yang three in one (mengandung ke tiga ganggang tersebut dalam satu kaplet) daripada membeli yang berdiri sendiri-sendiri.

5.Minum teh hijau setiap hari bisa mencegah terjadinya enzyme yang ditemukan pada penyakit kepikunan (Alzheimer).Active Image Teh hijau juga kaya akan polyphenols, anti oksidan, yang bisa mencegah kerusakan dini pada otak kita. Mengasup teh herbal yang mengandung vitamin B dan minyak volatile bisa meningkatkan kinerja otak. Anda bisa membuat sendiri teh herbal dari bumbu-bumbu atau bahan masakan dari dapur antara lain: cengkih, adas, oregano, daun ketumbar, sage, bawang putih, bawang merah, jahe, daun bawang, kayu manis, basil, ketumbar, kapulaga, kunyit. Caranya bisa disedu dengan air mendidih selama 5 menit atau direbus sampai air mendidih, saring, lalu minum. Bisa menggabungkan dua atau lebih dari daftar bumbu dapur tersebut. Anda bisa membeli buku sebagai panduan untuk mencampur beberapa herbal untuk dibuat herbal untuk disedu menjadi teh herbal yang berkhasiat (Healthy Teas, Tammy Safi).

Beberapa herbal yang dipakai khusus untuk meningkatkan daya ingat sehingga dijual sebagai suplemen maupun sebagai teh herbal yang berkhasiat , yaitu:

1.Ginkgo biloba tanaman asli dari Cina akan meningkatkan peredaran darah ke otak dan organ lainnya, meningkatkan daya ingat, dan fungsi kognitif. Ginkgo dikenal efektif mengatasi penuaActive Imagean dini, kepikunan, kecemasan, pelupa, dan sulit berkonsentrasi. Selain itu, teh herbal dari daun ginko juga bisa membantu varises, kram kaki, lebam, menenangkan paru-paru, baik untuk masalah tinnitus dan vertigo. Anda bisa membeli dalam bentuk tablet sehingga praktis mengasupnya. (The Illustrated Encyclopedia of Healing Remedies, C. Norman Shealy, M.D., Ph.D).

2.Goji berries, atau disebut kechi, lycium berry or wolfberry, Gou Qi Zi, berasal dari Cina dan rasanActive Imageya manis. Dikenal sebagai tonikum untuk penglihatan dan otak. Salah satu kandungannya yang disebut betaine meredakan ketegangan dan menenangkan kegelisahan serta menambah daya ingat, serta melindungi DNA. Sehingga mengasup buah goji bisa membuat otak lebih relaks (http://www.npicenter.com/).

Selain itui buah goji kaya akan anti oksidan, vitamin A dan C. Goji berry juga dikenal sebagai herbal untuk menambah darah, sehingga baik untuk penderita anemia. Dalam TCM, buah goji juga menambah energi pada paru-paru sehingga baik untuk orang yang menderita batuk. Dalam masakan Cina, buah goji sering dimasak bersama sup ayam dan angcho (kurma merah) untuk menambah darah. Untuk membuat herbal buah goji, cukup menyedu 1 sendok teh goji kering dengan satu gelas air mendidih selama lima menit. Rasanya sudah manis. Dijual dalam bentuk buah kering (ini yang paling mudah didapatkan), bubuk, dan jus konsentrat.

3.Gotu kola, atau pegagan, atau Centella asiatica, berasal dari India dan Srilanka. Di India, pegagan telah lama dipakai sebagai obat untuk banyak penyakit kulit (lepra, eksim, dll) dan melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga pegagan dipercayai juga sebagai tonikum otak dan menguatkan memori, menurunkan demam, Active Imagepanas dalam, konstipasi, dll. Pegagan juga membantu kelelahan mental dan fisik, jadi menenangkan sekaligus menaikkan stamina dan energi. Di Indonesia, pegagan lebih sering dikenal sebagai sayur untuk lalapan. Cara membuat teh herbal pegagan sangatlah mudah: merebus segenggam herba segar pegagan dengan segelas air sampai mendidih. Saring, lalu diminum. Sekarang ini sudah tersedia bentuk bubuk yang dimasukkan dalam kapsul, dan teh herbal pegagan : teh hijau yang dicampur dengan daun pegagan sehingga praktis tinggal menyedu saja. Untuk ulasan lebih lanjut mengenai pegagan dan khasiatnya, silakan klik di: http://griyalarasati.blogspot.com/ .

4.Herbalist China menggunakan ginseng untuk menaikkan daya ingat serta untuk meningkatkan vitalitas dan stamina. Ginseng melancarkan peredaran darah ke otak. Kata Ginseng mempunyai arti 'the wonder of the world' dianggap salah satu super food yang bisa mengobati. Selain untuk menambah vitalitas, meningkatkan daya imun tubuh, dan adaptogenik, ginseng juga bisa menambah daya konsentrasi, mengatasi masalah jetlag (menyangkut Active Imageperbedaan jam tidur), mengatasi efek sampingan setelah kemoterapi, dan mengatasi kelelahan. Bisa dibeli dalam bentuk akar/irisan, bubuk, maupun ekstrak. Bisa juga bubuk dalam kapsul. Menambahkan irisan ginseng, buah goji dan kurma merah ke dalam sup ayam akan menambah vitalitas dan memperkuat daya ingat Anda. Silakan mencobanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar