Bikin Antenna Panel 18Dbi

Dari pada beli mahal mendingnya bikin-kan :) biar jelek juga buatan sendiri hehehe.. narsis sedikit dech,.. oke ini tahapan bikin antena panel 18dbi,.. tapi sebelum kita mulai mungkin ada yang belum tau yang dimaksud antena panel itu apaan.. coba tannyakan langsung ke paman google,…
Antena panel ini pada dasarnnya dibuat diatas PCB yang bisa di beli di toko2 electronik,.. biasannya harus pesen kalo ukurannya rada besar,.. nah untuk dimesi ukuran antena panel 18dbi adalah 33×34cm nah sebenernnya antenna ini nyontek produk dlink ant24-1800.. untuk file blue print nya sihlakan download di sini,…
Ok mari kita mulai pembuatan antenna panel 18 dbi ini,…
Tahap 1, Bikin cetakan

Ada dua cara yang saya tau untuk membuat cetakan untuk blue print kita,.. satu dengan menyablon, dan yang kedua dengan cutting stiker,.. untuk pembuatan partai besar alias banyak anda bisa menggunakan tehnik sablon,.. kalo hannya untuk partai kecil cukup gunakan cutting stiker saja lebih praktis,.. berikut dokumentasinya pada saat saya buat antenna ini dengan tehnik menyablon..
Tahap 2, larutkan dengan feroclorid

berikutnya kalo cetakannya diatas PCB-nya sudah jadi, masukan ke campuran air panas dan feroclorid,, hehehe mudah2an nggak salah ejannya,.. :P untuk daerah jakarta bisa beli ditoko kimia di terminal kampung melayu namannya Inti Kimia,.. paling 25ribu 1 plastik.. bisa 10 kali pakai,.. truz goyang2 aja sampe tembaga-nya terkikis yang tinggal hannya cetakannya,…
Tahap 3, Bersihkan


seletalah selesai dengan larutan fericorid, bersihkan cektakan dengan thiner aja,.. berhubung harga minyak tanah mahal :) ,… jangan lupa bersihkannya sampe bersih yah..
Tahap 4, pasang Konektor dan Reflektor


Lalu pasang N-Konektor dan reflektornnya,.. untuk N connector bisa di beli di toko alat electronik komunikasi seperti HT dll, nah kalo reflektornya itu menggunakan plat alumunium, jangan terlalu tebal karena berat nanti antenannya,.. untuk ukuran reflektor itu tersesah anda baiknya lebih besar dari penampang antennannya,.. dan jangan lupa setelah selesai semua,.. elemennya yang didepan di pilok dengan pilok pernis yang bening biar nggak karatan.. karena kalo di diamkan satu hari saja bisa langsung karatan..
Tahap 5, Test


Setelah antenna selesai anda harus tes kemampuannya,… perhatikan polarisasi vertical dan hrizontalnya,.. sejauh ini kita test menggunakan beberapa radio hasilnya sangat memuaskan,.. :) dari beberapa hasil test seperti noise dan bandwith yang bisa lewat dengan antenna buatan ini,.. hasilnya cukup memenuhi syarat jika ingin digunakan untuk koneksi broadband,…
Nah masih ada PR neh buat kita yang belum selesai,.. yaitu membuat dudukan atau moting untuk antena panel ini,.. juga membuat kemasan untuk menutup elemen yang didepannya,.. kita akan terus riset untuk mencari harga termurah,.. kalo ada masukan sihlakan kami akan senang sekali… :) selamat mencoba :),…


Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnnya “Bikin Antenna Panel 18Dbi” nah untuk riset kali ini kita bikin antenna yang 2,4Ghz yang 20,5Dbi dokumentasinya ada disini,.. dan karena masalah pembulatan jadi kita nyebutnya antenna flat 21dbi :) sebenernnya nggak jauh berbeda dengan yang 18 dbi,.. hannya tehnik pembuatannya saja yang agak berbeda,..
Untuk bahan dasar masih di atas papan PCB, cuma kali ini agak lebar pcb-nya 33×45cm, dan ini juga hasil contekan yah.. antenna aslinya bisa dilihat disini,… ada di paling bawah web itu yah,.. truz untuk download filennya yang mau ikutan nyoba bikin bisa download disini,.
oke mari kita mulai,.. kalo anda baca artikel sebelumnya,. antenna flat 18 dbi yang kita buat itu menggunakan tehnik sablon dalam pencetakannya,.. nah kalo ini kita menggunakan cutting stiker sebagai cetakannya,..
Tahap 1, Membuat dan menempelkan cetakan,..

Pertama-tama,.. bawa file yang sudah di download di atas ke tukang cutting stiker,.. pastikan menggunakan stiker yang kualitasnnya bagus,.. setelah selesai dengan cutting stikernya,.. tempelkan pada PCB yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran,.. pasangnya stikernya hati2,.. jangan sampai melendung-melendung karena nantinya akan kita masukan di air panas,.. kalo sampe melendung-melendung nanti pecah dan PCB-nya akan bocor,.. kalo perlu belajar di tukang kaca film untuk cara pemasangan stiker ini,.. karena hasil antenna flat ini akan tergantung sekali dengan cetakan yang anda buat,…
Tahap 2, Melarutkan dengan Feroclorid

Setelah selesai dengan PCB tercetak dengan cutting stiker, masukan kedalam campuran air panas yang mendidih dan Feroclorid, lalu goyang-goyangkan wadah-nya sampai tembaga-nya terkikis dengan bersih,.. harus hati-hati salam melakukan hal ini,.. jangan sampai tangan anda kena feroclorid karena akan berbahaya bila yang memiliki alergi,.. bisa gatal-gatal dan memerah,.. sebaiknya gunakan sarung tangan karet,..
Tahap 3, Lepaskan Stikernya,..

Lepaskan stiker yang menempel di sisa tembaga yang tidak terkikis,.. sebenarnnya jika anda yakin bagus anda tidak harus melepaskan stikernnya,.. karena ini salah satu cara mencegah korosi pada elemen tembagannya,..
Tahap 4, Lapisi Dengan Pernis

Hal ini penting sekali anda lakukan,.. lapisi antenna flat anda dengan pernis,.. ada beberapa cara melapisinya bisa dengan pilok pernis atau bisa juga menggunakan songka (gondorukem) yang dicairkan dengan thiner seperti sarannya Deni Wibowo,. jika tahap ini anda tidak lakukan lapisan tembaga pada PCB akan terkikis oleh korosi,..
Tahap 5, Reflektor dan Connector

Potong reflektor sesuai dengan ukura antenna,.. sebaiknya anda menggunakan relflektor dari bahan alumunium,.. agar tidak mudah korosi,.. kemudian pasang N Connector Fermale,.. Connector bisa anda baut atau menggunakan mur,..
Tahap 6, Solder dan Pasang Mounting

Solder bagian depan antena flat ini,. hati-hati jangan terlalu panas soldernnya karena akan merusak element tembagannya jika terlalu panas,.. kemudian pasang mounting antenna,.. anda bisa membuat mounting antenna ini dengan menggunakan plat besi di tukang-tukang las,.. awas jangan sampai salah pasang mounting,.. karena dengan munting ini kita dapat memang antenna flat ini dengan polarisasi Horizontal, Vertical, bahkan Diagonal,.. jangan sekali lagi jangan sampai salah membuat dan memasang mounting ini,..
Tahap 7, Membuat Tutup

Untuk mebuat tutup depannya anda bisa menggunakan paralon yang besar.. belah menjadi dua bagian,.. kemudian kami panaskan dengan kompor gas hingga berberntuk lurus, rata dan bisa di bentuk,.. kemudian list pinggirnnya kami buat dengan alumunium,.. kemudian rivet,.. agar kuat,.. jangan lupa di sela-sela antena yang kemungkina dapat dimasuki air sebainya di leb menggunakan lem silicon atau lem bakar,…
Tahap 8, Tahap Testing

kalo semua sudah selesai sihlakan anda test antenna buatan anda,. untuk membuktikan kehebatannya,.. :) selamat mencoba,.. :) nanti kalo hasil test saya sudah maximal saya akan laporkan,..

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus