Siapa penemu bowling?

Sepertinya penduduk Mesir kunolah yang menemukan olahraga ini, awalnya mereka melempar bola turun dari bukit ke lembah dan sangat senang begitu mendengar suara ‘eneh tapi mengasyikkan’ dari pin yang terkena bola. Ahli Arkeologi Sir Flinders Petrie menemukan bola boling dan pin di sebuah kuburan Anak Mesir dari tahun 5200 seblon masehi. Kelihatannya inilah bukti tertua dari sebuah olahraga dan sepertinya asli, walaupun ahli sejarah Jerman William Pehle mangaku-aku bahwa olahraga ini berasal dari tanah airnya sejak tahun 300 masehi.

Permainan ini segera menyebar dengan berabagai bentuk ke seluruh Eropa terutama di Inggris pada masa pemerintahan Raja Edward III. Saking populernya, bahkan, raja sampai bikin UU khusus untuk permainan ini sehingga tidak mengganggu jadwal latihan pertarungan pedang prajurit Inggris. Ketika Amerika ditemukan,orang Belanda, Inggris, dan Jerman semuanya membawa versi bolingnya masing-masing di dunia baru ini, dan menikmati kelanjutan popularitasnya, walaupun tidak dengan kontroversi yang sama seperti di Inggris. Pada tahun 1870, boling sembilan pin, yang kemudian menjadi standar, malah dilarang karena sangat dekat dengan unsur judi dan kejahatan. Menurut berbagai sumber, hal itulah yang kemudian mendorong ditemukannya boling sepuluh pin untuk mengakali kerasnya UU.
Pada tahun 1950-an, penemuan mesin pengatur pin otomatis, yang secara otomatis menaruh pin dan bikin tukang ambil pin jadi pengangguran, membikin semakin terkenal saja olahraga ini. Sekarang ini, boling dikenal sebagai olahraga santai, sedikit sentuhan retro dan punya liga yang sangat disambut antusias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar