Chatting Dengan Camfrog

Lagi-lagi, mungkin sudah sepantasnya jika saya ini “digolongkan” ke dalam golongan orang-orang yang selalu gaptek & gapin. Apa pasal? Karena baru-baru ini saja saya mengetahui adanya layanan chatting dengan menggunakan camfrog. Padahal layanan ini sudah ada sejak dua tahunan yang lalu. Saya mengetahuinya setelah secara tidak sengaja “terdampar” di blognya Alfaridzy ketika browsing di internet. Dari situ, kemudian saya mencoba chatting dengan menggunakan camfrog yang kemudian membuat saya ketagihan (seperti sabu-sabu saja, he he). Karena asyik dan uniknya chatting dengan layanan baru ini, kadang-kadang menjadikan saya sedikit “melupakan” Yahoo Messenger yang biasanya menjadi “teman” saya ketika sedang bekerja di depan laptop.
Mungkin di antara para pengunjung sudah mengenal dan pernah menggunakan Camfrog ini. Namun demikian tidak ada salahnya jika Tips dan Trik Komputer mencoba untuk memposting tentang layanan chatting yang setidaknya bagi saya masih anget ini. Dengan postingan ini saya bukan bermaksud untuk menggurui para pengunjung yang sudah “jago” dan paham betul tentang camfrog ini. Saya hanya ingin men-share sedikit informasi dan pengalaman tentang seluk-beluk camfrog ini kepada rekan-rekan yang belum mengetahui sebelumnya.
Saya sangat sadar bahwa postingan ini masih jauh dari sempurna dan oleh karena itu saya mengharapkan share atau tambahan dari rekan-rekan yang lebih paham. Dengan demikian saya dan rekan-rekan menjadi lebih mengerti dan paham dan kemudian menggunakan fasilitas chatting ini untuk hal atau kegiatan yang positif. (kecuali saya lho,....he he).
Apa itu Camfrog?
Seperti Yahoo Messenger, Camfrog adalah perangkat lunak pengirim pesan instant (chatting) yang memungkinkan para penggunanya (user) untuk saling berinteraksi satu sama lain melalui pesan yang dapat berupa text, video streaming, audio streaming, dan/atau juga voip (telepon internet).
Perbedaan & Kelebihan Camfrog
Pada camfrog, kita bebas untuk melihat camera orang lain tanpa harus mendapatkan izin yang bersangkutan. Sementara pada Yahoo Messenger (YM), kita harus mendapatkan izin terlebih dahulu kecuali kita sengaja mensetting camera pada YM menjadi permitted. Oleh karena itu, kita yang menggunakan camera pada camfrog ini harus hati-hati karena semua tingkah laku kita akan dengan mudah “diintip” oleh user lain tanpa harus mendapatkan izin dari kita. Lain lagi jika kita memang sengaja ingin “dinikmati” oleh user lain, lhooooo.
Perbedaan lainnya, setidaknya menurut pengalaman saya, Camfrog menuntut koneksi internet yang lumayan “kencang” dan tidak terputus-putus. Jika koneksi Anda kurang “kencang’ maka Anda akan mendapati gambar camera yang rusak (seperti kaset VCD yang rusak). Dan jika koneksi internet Anda sering terputus maka jangan salahkan saya (he he bercanda), jika Anda harus sering keluar masuk room karena ID Anda akan keluar secara otomatis ketika koneksi internet terputus.
Selain itu, kelebihan Camfrog dari YM adalah dalam sebuah room camfrog dapat menampung lebih dari 1000 user sementara pada YM hanya berkisar 50 sampai dengan 70 user saja.
Peraturan dalam Camfrog
Satu hal lagi, Camfrog merupakan layanan chatting yang penuh keunikan, salah satunya adalah adanya peraturan khusus yang harus dipatuhi oleh para roomer yang sedang “ngamar” di room tertentu. Untuk ini, setiap room akan memberlakukan peraturan yang berbeda-beda. Satu hal yang pasti adalah siapa pun yang melanggar peraturan tersebut maka bisa dikenakan sanksi, mulai yang ringan sampai dengan sanksi yang berat, seperti antara lain, ID kita akan “dikick” dari room tersebut atau bahkan kalau tingkat pelanggarannya sangat fatal, IP Anda dapat dibanned untuk beberapa lamanya, bisa satu jam, satu hari atau bahkan berbulan-bulan.
Sebagai salah satu contoh peraturan yang diberlakukan oleh salah satu room Indonesia (XoX_Indonesia_Room_XoX) adalah seperti di bawah ini.
Rules 1 # : Respect All Owners, Op’s, Friends & Users
Rules 2 # : Respect All LADIES In This Room
Rules 3 # : Don’t Use ( Yellow, Lime ,Aqua, White & Silver ) Font Colour
Rules 4 # : Don’t Post Any URL / Link, Etc In The Main Room
Rules 5 # : No Politic & Racism Topic In Main Room
Rules 6 # : Don’t Flood
Rules 7 # : Don’t Insult Each Other
Rules 8 # : Don’t Used Icon To Each Other
Terjemahan bebasnya kira-kira sebagai berikut.
Aturan 1 : Respect semua ID Owners, ID Operators, ID Friends, dan ID Users
Aturan 2 : Respect semua ID cewek/perempuan di room tersebut
Aturan 3 : Jangan Menggunakan warna (kuning, hijau muda, biru muda, putih & silver) untuk font Anda
Aturan 4 : Tidak boleh memposting (message) berupa URL atau Link atau situs/blog
Aturan 5 : Tidak boleh membicarakan masalah Politik & SARA
Aturan 6 : Tidak boleh melakukan typing (pengetikkan) kata-kata yang berulang-ulang
Aturan 7 : Tidak Boleh Saling Menghina satu sama lain
Aturan 8 : Tidak Boleh menggunakan icon (angkat jempol terbalik) satu sama lain.
Software Camfrog
Software Camfrog terdiri dari dua jenis, yaitu Camfrog biasa (yang free) dan Camfrog Pro. Untuk camfrog yang free dapat Anda download di sini. Sedangkan untuk mendapatkan Camfrog Pro, Anda harus mengeluarkan $49.95, kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini berkisar 500 ribuan.
Ada beberapa fitur atau fasilitas Camfrog Pro yang tidak kita jumpai pada Camfrog biasa, antara lain
  1. Tidak bisa melihat camera lebih dari satu user.
  2. Tidak bisa merubah ukuran layar video.
  3. Tidak bisa menambahkan teks pada layar video kita.
  4. Tidak bisa mencari lokasi dimana pengguna yang telah kita tambah di daftar tersebut berada.
  5. Tidak bisa mengirim file ke pengguna Camfrog Pro.
  6. Tidak bisa melakukan video chat secara private dengan user lain.
Walaupun fiturnya terbatas, namun saya kira lebih dari cukup untuk sekedar chatting dan atau bagi yang suka "intip-mengintip", dengan camfrog biasa ini sudah cukup untuk urusan "perburuan" camera user lain. Tetapi awas jangan untuk memview camera yang "aneh-aneh" ya, nanti bisa ketagihan seperti saya lho, he,..he,..
Karena sudah mengantuk, saya cukupkan sampai di sini dahulu untuk postingan kali ini. Untuk tips menginstall camfrog dan registrasi username di camfrog, dapat Anda simak pada postingan selanjutnya.
Yang ingin mencoba berchatting dengan camfrog biasa (free), silakan download camfrog versi terakhir di sini. Saat ini versi terakhir camfrog adalah 5.1.129.
Bagi yang mobile, Anda dapat menggunakan camfrog portable yang dapat kita bawa dan kita simpan dalam flash disk, yaitu camfrog versi 5.0. Dengan camfrog portable, Anda tidak perlu susah-susah untuk menginstallnya ketika Anda harus melakukan chatting di warnet yang tidak atau belum menginstall camfrog ini. Silakan download camfrog 5.0 portable di sini.
Selamat Berchatting Ria dengan Free Camfrog!!
(Special thank for Alfaridzy & Sky ‘N Earth)
Baca juga yang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar