Menginstall Wordpress Di Localhost (Offline)

Sebelum melanjutkan tutorial tentang install Wordpress lewat Cpanel Hosting, sekarang diselingi sulu tentang cara install Wordpress di komputer kita. Tujuannya buat latihan dulu supaya lebih familiar dengan Wordpress dan bisa belajar edit theme dengan cepat. Daripada harus online ketika mau coba theme atau plugin baru, lebih di tes dulu secara offline, kalau bagus baru di install secara online.
Untuk menginstall Wordpress secara offline yang di butuhkan adalah web server local dan tentu saja Wordpress. Untuk web server pakai saja AppServ yang bisa di download di www.appservnetwork.com, sedangkan Wordpress terbaru dapat didownload di wordpress.org/download.
Cara menginstall AppServ bisa dilihat disini. Setelah AppServ diinstall langkah selajutnya adalah extract dan copy file wordpress yang sudah didownload. Setelah diextract folder Wordpress akan bernama “Wordpress“. Copy folder tersebut ke c:/AppServ/www. sesuakan alamatnya dengan lokasi instalasi AppServ ditempatmu.
Folder Wordpress direname sesuka hati.
Jadi alamat untuk mengakses Wordpress di localhost adalah http://localhost/wordpress (jika foldernya tidak diganti dengan yg lain).
Langkah installasi (Wordpress 2.7) :
1. Akses http://localhost/wordpress.
Isntall Wordpress
2.Klik pada tombol Create a Configuration File
3. Sekarang masuk ke http://localhost/phpmyadmin. Jika dimintta user dan password, masukkan User : root, passwordnya adalah password yang disikan ketika menginstall AppServ tadi. Jika sudah masuk ke PHPMyAdmin buatlah databse baru.
Install Wordpress
4. Sekarang kembali ke proses installasi Wordpress. Pada proses instalasi sekarang akan muncul tampilan seperti ini :
Setup Database Wordpress
Database Name : Isi nama nama database yang telah dbuat di PHPMyAdmin tadi.
Username : Harus disini dengan root
Password : Diisi dengan MYSQL password yang disikan saat installasi AppServ tadi.
Database Host dan Table Prefix gak usah diubah-ubah.
Klik Submit.
5. Klik Run Install
Install Wordpress
6. Pada proses berikutnya, isikan Judul Blog dan alamat email, diisi asal-asaln juga boleh. Install Wordpress.
Install Wordpress
7. Jika sukes maka kamu akan diberi User dan Password untuk Login. Copy dulu passwordnya terus klik Login.
Install Wordpress
8. Setelah login, ubah dulu password adminnya kalau gak repot ngapalin password yang aneh tadi. Caranya Cari menu User di menu sebelah kiri, lalu pilih Author And Users. Lalu edit user Admin. Scroll kebawah kemudian isikan password yang baru.
ternyata panjang juga langkah-langkah instalasi Wordpress yang biasanya cuma tinggal klik2, hhehehe. Selmat mencoba, jangaan lupa komentarnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar