Opera 11 Tampilkan Fitur Baru







Opera Software memperkenalkan versi terbaru secara resmi browser Opera 11. Browser terbaru dari Opera ini mengkombinasikan desain yang elegan, update pintar untuk beberapa fitur populer dan cara baru untuk mempersonalisasi Opera sesuai keinginan pengguna. Mulai 16 Desember, browser Opera 11 sudah bisa diunduh untuk publik.


Fitur baru yang ditampilkan pada Opera 11 adalah tumpukan tab (tab stacking), ekstensi dan isyarat mouse visual (mouse visual gestures).

Tab merupakan fitur populer saat ini dan setiap browser telah menyediakan tab. Kebutuhan pengguna untuk membuka lebih dari satu website sekaligus tanpa harus membuka jendela baru semakin berkembang. Opera merupakan browser yang menjadi pioner memperkenalkan fitur tab. Tab  mulai diperkenalkan pada Opera 4 sejak Tahun 2000. Pengembangan berikutnya adalah drag and drop tab (2003), tab thumbnails (2006), visual tab (2009) dan kini  yang terbaru adalah tumpukan tab.

Tumpukan tab adalah fitur untuk mengatur tab yang sedang dibuka dengan cara lebih baik. Cukup geret satu tab di atas tab lainnya untuk membuat tumpukan. Selain itu, ketika Anda membuka halaman di belakang tab yang sedang aktif, maka Opera akan secara otomatis membuat tumpukan.

Ekstensi menjadi bagian yang menarik untuk dieksplorasi karena tersedia banyak dan melibatkan banyak pengembang. Dengan ekstensi, akan membantu pengguna untuk mempersonalisasi browser dan meningkatkan kemampuan Opera. Lebih dari dua juta ekstensi telah diunduh dari https://addons.opera.com/.


Fitur lain yang diperkenalkan adalah isyarat mouse visual. Dengan gerakan tangan, isyarat mouse memungkinkan pengguna untuk mengendalikan mundur dan maju, membuka halaman baru, menutub tab dan banyak hal lainnya. Pada Opera 11, kini pengguna memiliki panduan secara visual dari isyarat mouse yang menakjubkan.

Selain itu, dari sisi keamanan, Opera 11 mengubah bar alamat, sehingga  pengguna dapat merasakan tingkat keamanan yang lebih baik pada situs yang dikunjungi. Opera 11 saat ini akan menampilkan tanda yang lebih jelas yang mengindikasikan tingkat keamanan dan memungkinkan akses secara cepat pada informasi keamanan dan jaminan tentang situs tersebut dengan sekali klik.

“Kami selalu bekerja keras untuk memperkenalkan ide-ide baru dan berani dalam penjelajahan web,” ujar Jon von Tetzchner, Pendiri Opera. “Tetapi terkadang kami ingin mengambil gagasan tersebut dan menyempurnakannya. Opera 11 menambahkan beberapa penyempurnaan bagi fitur-fitur yang sudah dikenal dan disenangi para pengguna selama lebih dari satu dekade, selagi memperkenalkan ekstensi. Jika Anda belum pernah menggunakan Opera sebelumnya, Opera 11 akan merubah pandangan Anda tentang penjelajahan web.”

File instalasi kali ini pada Opera 11 berukuran 30 persen lebih kecil dari Opera 10.60, sehingga mengunduhnya pun jadi jauh lebih cepat. Plug-in dapat diatur untuk dimuat berdasarkan permintaan. Sehingga mampu meningkatkan kinerja browser hingga 30 persen.

Browser Opera 11 untuk Windows, Mac dan Linux bisa diunduh di sini: http://www.opera.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar