Mengenal Status ID Pada Camfrog

Mengenal Status ID Pada Camfrog : Ini adalah postingan keempat mengenai camfrog. Saya harap para pengunjung tidak bosan dengan postingan seputar camfrog ini karena ternyata chatting dengan camfrog mempunyai kelebihan/keunikan tersendiri (setidaknya menurut saya). Kelebihannya, para pengguna (chatter) dapat mem-view camera lawan tanpa harus mendapatkan izin darinya. Keunikannya adalah adanya peraturan-peraturan khusus yang berbeda untuk setiap room yang ada yang harus ditaati oleh chatter. Keunikan lainnya adalah status ID yang berbeda yang direpresentasikan dengan warna yang berbeda-beda yang sekaligus mempunyai tingkat kewenangan/fasilitas yang berbeda-beda pula.
Postingan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan atau kelanjutan dari postingan sebelumnya, yaitu Chatting Dengan Camfrog, Installasi dan Registrasi Pada Camfrog, dan Memulai Chatting Dengan Camfrog. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika para pengunjung untuk membaca postingan-postingan yang berkaitan tersebut. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang status ID pada camfrog.
STATUS ID PADA CAMFROG
Status ID yang ada di room camfrog dibedakan menjadi 4 (empat) status yang direpresentasikan dengan warna yang berbeda-beda. Setiap ID memiliki “tingkat kewenangan” dan fasilitas yang berbeda. Ada pun keempat ID tersebut adalah User, Friend, Operator (terdiri dari Operator dan Operator +), Owner (terdiri dari Co Owner dan Main Owner) dimana masing-masing tingkat memiliki fasilitas & "kewenangan" yang berbeda.
Fasilitas standart yang dapat “dinikmati” dalam camfrog adalah sebagai berikut.
1. Chat di room maupun melalui Instant Message (IM)
2. Melihat camera user lain
3. Menggunakan voice di room
ID User (pengguna biasa)
Direpresentasikan dengan warna hitam
Memiliki ketiga fasilitas standar tersebut
ID Friend (teman di room)
Direpresentasikan dengan warna biru
Memiliki ketiga fasilitas standar tersebut ditambah dengan fasilitas di bawah ini.
  1. Private Message (PM)
  2. Block & unblock terhadap mic user
ID Operator (supervisor pengatur room)
Direpresentasikan dengan warna ID hijau
Memiliki semua fasilitas yang dimiliki Friend ditambah dengan fasilitas di bawah ini.
  1. Demote Operator dan Friend ( menurunkan status lebih rendah di bawahnya )
  2. Block & unblock terhadap mic Friend, Operator
  3. Punish (memberikan hukuman) Operator,Friend, User
  4. Kick (menendang/mengeluarkan dari room) terhadap Operator,Friend,User
Operator +
Direpresentasikan dengan warna hijau
Memiliki fasilitas Operator tersebut ditambah fasilitas di bawah ini.
  1. Demote Operator+
  2. Punish Operator+
  3. Kick Operator+
  4. Banned semua ID kecuali Co Owner dan Main Owner
Co Owner
Direpresentasikan dengan warna merah
Memiliki fasilitas Operator + tersebut ditambah fasilitas di bawah ini.
  1. Demote semua status
  2. Banned semua status
  3. Menaikan status hanya sampai di Operator +
Main Owner (pemegang password)
Direpresentasikan dengan warna merah
Memiliki fasilitas Co Owner tersebut ditambah fasilitas di bawah ini.
  1. Menaikan status menjadi Co Owner atau Main Owner (karena dialah yang memegang password)
Keempat status ID tersebut dapat dilihat seperti screenshot di bawah ini.
Keterangan
No.1 >> ID User
No.2 >> ID Friend
No.3 >> ID Operator
No.4 >> ID Owner

Cara Mendapatkan Status ID
Untuk mendapatkan atau meningkatkan status ID (Friend, operator, Owner) tidak dapat dicapai dengan cara atau waktu yang singkat namun melalui proses yang panjang & alamiah. Alamiah dalam arti kita tidak dapat memaksakan kehendak kita untuk mendapatkan status dengan cara-cara yang instant.
Mulailah dengan sering berkunjung (chatting) pada room tertentu. Kemudian Anda dapat memulai dengan mengucapkan salam kenal dan sebisa mungkin respect semua ID di room tersebut. Satu hal yang perlu diingat jangan langgar aturan-aturan yang diterapkan pada room tersebut. Sekali melanggar, Anda bisa terkena banned dari room tersebut dan hilanglah kesempatan untuk meningkatkan status ID Anda.
Yang penting lakukanlah interaksi kepada semua ID terutama ID di atas kita seperti Operator, Friend, Owner. Jalani sealamiah mungkin seperti kita melakukan pertemanan atau persahabatan di dunia nyata. Jika kita menjalaninya dengan tulus maka secara otomatis kita akan mendapatkan teman atau bahkan sahabat dengan mudah.
Yang tak kalah penting, sebisa mungkin ikuti dan jawablah kuis yang sering diadakan. Setiap room mempunyai jeni kuis/pertanyaan yang berbeda, ada yang berhubungan dengan computer, IPTEK, matematika, atau pengetahuan umum. Semakin sering kita menjawab benar kuis yang diadakan maka akan semakin menambah point kita dan semakin tinggi point yang kita dapat berarti akan menambah peluang untuk meningkatkan status ID kita.
Pengelompokan USER ID
Di dalam room camfrog, kita dapat melihat pengelompokan user ID berdasarkan tiga kelompok/status, yaitu Visible User, Hidden User dan Lurkers, seperti screenshot di bawah ini.
Keterangan
No.1 >> Visible User, berisi ID user yang sedang kita lihat (view) cameranya.
No.2 >> Hidden User, berisi user-user yang cameranya sedang dibuka (open cam)
No.3 >>Lurkers, berisi user-user yang cameranya sedang dipause atau sedang tidak menggunakan camera.

ICON ID STATUS
Sekarang saatnya kita mengenal icon ID pada camfrog. Pada camfrog, pengguna yang sedang aktif (online) melakukan chatting di room, selain ditunjukkan dengan nickname juga icon kecil yang mewakili masing-masing pengguna. Dengan icon tersebut, kita dapat memperoleh informasi mengenai jenis kelamin, status camera, status camfrog, juga status point yang dikumpulkan. Sebagai ilustrasi, perhatikan gambar di bawah ini.
Keterangan
No.1 >> pengguna perempuan dengan camera
No.2 >> pengguna laki-laki dengan camera
No.3 >> pengguna laki-laki tanpa camera
No.4 >> pengguna perempuan tanpa camera
No.5 >> pengguna dengan point (virtual gifts) tertentu
No.6 >> pengguna yang sedang mem-view (melihat) camera kita.
Selain status-status yang telah dijelaskan di atas, ada status ID yang ada hubungannya dengan “on air”, yaitu online, away, busy, invisible, privacy, custom. Status away, busy, invisible, dan custom akan terlihat perbedaannya ketika kita melakukan IM dengannya. Sedangkan status privacy dapat terlihat pada room, seperti di bawah ini.
Dengan men-set ID menjadi privacy, kita yang ingin mencoba mengajak IM (Instant Message) dengannya maka pesan yang kita kirim tidak akan sampai kepadanya, kecuali dia sudah men-add ID kita sebelumnya.
Sepertinya sampai di sini dahulu, semoga bermanfaat, jika ada kekurangan di sana-sini, maka saya akan dengan senang hati jika para pengunjung sudi menambahkannya. Selain itu, sekiranya ada tambahan seputar camfrog ini akan saya posting pada kesempatan berikutnya.
(Daftar bacaan : Sky’N Earth, Alfaridzy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar