Budidaya Ikan Air Tawar

a. Pembesaran Ikan Lele
Usaha pembesaran ikan lele selain sebagai usaha alternatif juga dimaksudkan sebagai sarana uji coba bagi murid-murid SD 013 dalam mendukung kurikulum lokal. Dipilihnya perkarangan sekolah sebagai tempat usaha pembesaran ikan lele antara lain didukung oleh sumber air tersedia, mudah dalam pemeliharaan dan pengawasanya, sebagai sarana praktek bagi murid-murid SD 013.
Sistem pemasaran sangat sederhana, dimana calon pembeli akan datang langsung ke petani untuk melakukan penawaran. Sistem demikian sangat membantu petani nelayan untuk dapat meningkatkan posisi tawarnya kepada calon pembeli tanpa harus tertekan oleh informasi pasar yang disampaikan oleh seseorang (calo/toke). Disamping itu posisi petani nelayan merupakan bagian utama dalam mata rantai pemasaran sehingga petani menjadi komponen yang sangat menentukan dalam siklus pemasaran tersebut.
Kegiatan usaha pembesaran ikan lele dimulai dengan pembuatan fisik kolam/bak pembesaran. Kegiatan ini telah dimulai pada tanggal 20 September 2000 meliputi pengadaan kolam dengan ukuran 8 x 2.5 x 1 m3. Pada bagian dasar kolam dilapisi dengan coran semen sedangkan pada bagian atas ditutup dengan kawat besi untuk alasan keamanan. Pengadaan fisik kolam pembesaran ikan lele ini telah dapat diselesaikan pada tanggal 26 Oktober 2000.
Kegiatan selanjutnya adalah penggenangan dan pemupukan kolam pembesaran. Dalam kegiatan ini kolam pembesaran akan diisi dengan air untuk beberapa hari, dan untuk mempercepat pertumbuhan pakan alami dilakukan pembusukan dari sampah organik seperti batang pisang. Pembusukan ini dilakukan selam lebih kurang dua minggu, setelah baru dilakukan penebaran bibit.
Menurut rencana penebaran bibit akan dilakukan sekitar pertengan November 2000. Namun karena alasan tekhnis penebaran bibit baru dapat dilaksanakan pada bulan Desember 2000. Sumber bibit diambil dari balai pembibitan di bungus Teluk Kabung yang dikelola olh staf Dinas Perikanan Kota Padang. Usaha pembesaran ikan lele ini dikelola langsung oleh Kepala Sekolah SD 013 yang juga ketua LKMD Kelurahan Sungai Pisang.
b. Pembesaran Ikan Mas dan Gurami
Hampir seluruh masyarakat di Kelurahan Sungai Pisang tidak ada yang melakukan usaha pembesaran ikan air tawar. Pada hal dilihat dari kondisi lingkungan yang ada hampir setiap rumah memiliki pekarangan yang cukup luas untuk dapat dimanfaatkan sebagai kolam pembesaran ikan air tawar. Dilihat dari permintaan pasar akan komiditi perikanan ini terus mengalami peningkatan baik dalam volum maupun harganya, sehingga sangat potensi untuk dikembangkan sebagai usaha alternatif nelayan.
Sekitar tahun 1994 pernah usaha pembesaran ikan mas dan gurami dilakukakan, melalui dana bantuan Inpres Desa Tertinggal (IDT). Kegiatan uji coba ini mengalami kegagalan, karena sulitnya sumber air tawar. Oleh karena itu belajar dari pengalaman kegiatan pembesaran ikan air tawar kali ini harus betul-betul melihat kondisi lingkungan dan kebutuhan dan pengetahuan asli masyarakat melalui serangkaian studi dan dialog dengan masyarakat. Akhirnya dari kegiatan survei lapangan dan dialog dengan beberapa anggota masyarakat disepakati usaha pembesaran ikan mas dan gurami yang dikelola langsung oleh Babak Zainuddin Dt. Rajo Lenggang, beliau sekaligus ketua Badan Musyawarah Ninik Mamak Kelurahan Sungai Pisang.
Bapak Zainuddin atas dasar keinginan sendiri telah merintis pembuataan selokan/parit untuk mendapatkan sumber air tawar. Sumber air tawar berasal dari sebuah sungai, dengan memotong dan mengiris kaki bukit air tawar dapat dialirkan ke pekarangan. Jumlah air tawar yang masuk dapat diatur dengan menutup dam mebuka pintu air yang ada di hulu selokan.
Untuk memulai usaha pembesaran ikan mas dan gurami Bapak Zainuddin telah menyediakn sebuah kolan dengan ukuran 11 x 7 x 1 m3. Pada saat ini kolam tersebut telah dikeringkan untuk diolah meliputi pembuatan dan penguatan pematang. Penguatan pematang kolam dibuat dari batu kali yang disusun sedemikan rupa sehingga kelihatanya sangat kokoh. Sampai saat ini kegaiatan penguatan pematang ini hampir selesai dan agak berjalan lambat karena telah memasuki bbulan puasa. Pemupukan kolam dan penebaran bibit sebanyak 1500 ekor akan dilakukan pada bulan Januari 2000.
1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar